Wizzcool blogspot yang mengulas resep, tips, dan cara membuat masakan ataupun minuman dengan cara yang sangat mudah. Tidak hanya masakan, blog ini juga mengulas tempat makan, dan barbershop di seputaran jakarta

Cara memilih buah-buahan yang baik

Cara memilih buah-buahan yang baik - Pada dasarnya memilih buah-buahan yang baik/bagus itu bisa dibilang gampang-gampang susah, karena kita sering sekali tertipu oleh warna ataupun wangi dari buah tersebut. Memilih buah-buahan yang baik sangatlah menjadi penting ketika kita akan memberikannya untuk dikonsumsi oleh buah hati kita, jika kita salah dalam memilih bisa-bisa mengakibatkan kesehatannya menjadi terganggu.



Berikut ini tips memilih buah-buahan yang baik dan segar :

  • Jambu Biji : Pilih yang buahnya besar, dagingnya tebal, lunak, dan rasanya manis serta berbiji sedikit atau tidak ada biji sama sekali [biasanya jenis jambu ini hanya terdapat pada jambu import].
  • Durian : Pilih yang durinya agak melebar dan agak lunak, beraroma harum dengan kulit yang tidak bolong dan bila dipukul berbunyi seperti kita memukul kantong beras [buk buk] dan beratnya mantap serta bentuknya yang tidak terlalu bulat.
  • Alpukat : Pilih yang kulitnya hijau tua, permukaan kulitnya licin dan pangkal buahnya tidak menonjol/tertarik ke dalam dengan warna hijau atau tembaga, dan jika dikocok-kocok buahnya akan berbunyi. Buah alpukat yang kulitnya hijau segar berarti masih muda.
  • Semangka : Cara memilih semangka terbilang agak mudah, kita tinggal menepuk-nepuk  buahnya untuk mendengarkan apakah buahnya kosong atau tidak. Jika terdengar kosng/kopong itu berarti kurang bagus karena kandungan air dalam semangka kurang banyak.
  • Mangga : Pilih mangga yang ujung tangkainya kekuning-kuningan, harumnya manis sampai keujung buah. Serta dipangkalnya harum dan lebar, kulitnya mulus dan kencang.
  • Apel : Ketuk atau bisa kita sentil buahnya dengan jari kita, jika bunyinya nyaring maka apel tersebut bisa dipastikan renyah dan banyak mengandung air, dan jika bunyinya berat maka buah aple tersebut sudah tidak lagi renyah.
  • Jeruk : Buah yang satu ini memang tidak mengenal musim, selalu ada kapan pun kita mau. Untuk memilihnya kita tinggal mencari warna buahnya yang benar-benar kuning, berkulit tipis dan mengkilap. 
  • Nanas : Nanas yang manis mempunyai kulit dan daging bauhnya berwarna kuning. 
  • Manggis : Sebaiknya kita memilih yang kulitnya lembut bila dipencet/tekan, warnanya ungu tua segar. Raba seluruh permukaan buah jika ada yang keras berarti buah manggis tersebut masih mentah atau sudah busuk.
Itulah beberapa Tips dan Cara memilih buah-buahan yang baik dan segar. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi acuan untuk anda sebelum membelinya. Baca juga artikel terkait tentang :



Cara memilih buah-buahan yang baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rini Endah Wulan

0 komentar:

Post a Comment