Resep dan Cara membuat Ayam Geprek

Resep dan Cara membuat Ayam Geprek - Olahan makanan yang satu ini tengah digemari oleh semua kalang, khususnya anak-anak muda. Makanan satu ini sangat digemari dikarenakan olahan ayam ini sangat enak, pedas, dan yang paling penting makanan ini terbilang sangat murah.

Awalnya Ayam Geprek hanya disajikan dengan sambal bawang dengan tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera, kini Ayam geprek telah banyak dimodifikasi dengan disajikan bersama topping keju leleh, sambal hijau, dan sambal matah.


Ternyata, cara membuat Ayam geprek ini tidaklah rumit, terbilang cukup mudah. Mau tau bagaimana cara membuatnya?? Mari kita mulai !!!

Bahan-bahan Ayam geprek : 
  • Ayam kampung/ Ayam biasa (pilih bagian dada/paha)
Bahan crispy
  • 10 gram tepung terigu
  • 1 sdm baking powder
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm kaldu jamur bubuk
  • Air ice secukupnya
  • Garam secukupnya
Bahan-bahan Sambal untuk ayam geprek : 
  • Cabai (jumlah, sesuai selera)
  • 3 siung bawang putih
  • penyedap rasa
  • Garam secukupnya
Cara membuat Ayam geprek :
  1. Cuci bersih ayam. dan diamkan ayam dalam suhu ruangan dan kering
  2. Masukan dan campur semua bahan crispy kedalam wadah yang telah disediakan, kemudian bagi menjadi dua wadah terpisah (1 berwadah untuk adonan kering, 1 untuk adonan basah). Beri air ice di satu wadah sampai tercampur, ingat jangan terlalu kental tapi jangan terlalu encer juga.
  3. Lalu masukan ayam tadi kedalam adonan basah, lalu balur kedalam adonan kering.
  4. Setelah ayam di balurkan adonan kering lalu celupkan kedalam kocokan telur, lalu balurkan lagi ke dalam adonan kering. Langkah ini bisa diulang 2x.
  5. Goreng di dalam minyak yang sudah cukup panas dengan api sedang hingga matang dan berwarna keemasan.
Dan langkah berikutnya kita bisa menyiapkan untuk Sambalnya
  1. Celupkan bawang putih ke dalam minyak yang masih panas tadi agar bawang putih tidak terlalu langu, jangan lama-lama cukup 10-15 detik saja. 
  2. Lalu ulek dengan cabai rawit, tambahkan garam.
  3. Setelah itu masukan ayam yang telah digoreng kedalam cobek, bolak balik ayam hingga sambal membaluri seluruh ayam. Lalu Geprek ayam tersebut.
Dan Ayam geprek hasil masakan kita sendiri siap disajikan bersama Nasi pulen yang masih hangat.

Mudah bukan cara membuaat Ayam Gepreknya. Jika ada pertanyaan atau barangkali, ingin membagi artikel Resep masakan andalan kalian sendiri, boleh kok tulis di kolom komentar atau kirim lewat email ya biar nanti Chopers tulis/salin artikelnya di blog ini. OK....Sampai bertemu di resep selanjutnya.! Chop chop!! :) 

Baca juga Artikel lainnya disini

Terimakasih!!!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep dan Cara membuat Ayam Geprek"

Post a Comment